Jumat, 24 April 2020

Tentang Facebook

ARTIKEL FACEBOOK

Artikel dibuat oleh: Eva Lestari

Facebook merupakan sebuah jejaring sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah dan daerah untuk melakukan koneksi dam berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pean, dan memperbarui profil pibadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya. 

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
Facebook diluncurkan pada bulan Februari 2004. Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif. lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".

    Facebook berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat.  Menlo Park merupakan sebuah kota di Kabupaten San Mateo, California di Amerika Serikat, di Wilayah Teluk San Francisco. Terletak di 37°29' Utara dan 122°9' Timur. Menlo Park memiliki 30.785 jiwa menurut Sensus AS 2000. 

Berdasarkan kutipan pada artikel pada Kompas.com mengatakan bahwa  pengguna aktif bulanan (monthly active users atau biasa disingkat MAU) jejaring sosial Facebook terus meningkat. Dalam laporan keuangan kuartal-III 2019, Facebook memaparkan bahwa ada sekitar 2,4 miliar pengguna yang mengakses Facebook setiap bulannya. Jumlah pengguna aktif bulanan ini meningkat 8 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018. Terbuka Selama 7 Tahun Sementara rata-rata pengguna aktif yang login ke layanan Facebook mencapai 1,62 juta setiap harinya, meningkat 9 persen dari periode yang sama tahun lalu. Lantas, dari mana mereka mengakses Facebook? Pengguna Facebook sepertinya ramai mengakses jejaring sosial tersebut dari smartphone mereka.  Lantas, dari mana mereka mengakses Facebook? 

Pengguna Facebook sepertinya ramai mengakses jejaring sosial tersebut dari smartphone mereka. Bisa dibilang begitu lantaran Facebook juga melaporkan bahwa ada peningkatan pendapatan iklan di sektor mobile. Adapun pendapatan iklan Facebook melalui mobile mencapai 94 persen dari keseluruhan revenue, meningkat 2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pendapatan Facebook secara keseluruhan sendiri tercatat di angka 17,6 miliar dollar AS meningkat 29 persen dari total pendapatan 13,7 miliar dollar AS di kuartal 3 2018. Sehingga jika dihitung-hitung, pendapatan dari mobile advertising berkisar di angka 17,3 miliar dollar AS.

Berikut data pengguna facebook diseluruh dunia berdasarkan www.liputan6.com April 2017.

Sumber: Liputan6.com
Berdasarkan tabel diatas data pengguna facebook ditempati oleh negara India yaitu 251 juta. Indonesia menduduki peringkat ke-4 di dunia sebanyak 130 juta dengan pengguna Facebook paling aktif. Hal ini diungkap dari laporan riset We Are Social dan Hootsuite yang dirilis di LinkedIn, Jumat (21/4/2017). Facebook diklaim kian mendominasi jagat media sosial di dunia. Sampai saat ini, raksasa media sosial milik Mark Zuckerberg itu sudah mengantongi 1.968 miliar pengguna aktif. Sebanyak 89% di antaranya mengakses via smartphone dan 61 persen mengakses Facebook setiap harinya. Setelah dipecah berdasarkan gender, 44 persen pengguna adalah wanita dan 56 persen merupakan pria. Dan terakhir negara pengguna Facebook terendah yaitu Thailand 46 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar